national-news

YUDANSHA GRADING 2017

Ujian Sabuk Hitam merupakan agenda rutin Perguruan PEMBINAAN MENTAL KARATE Kyokushinkai Karate-Do Indonesia yang dilaksanakan setiap  tahun sekali.
Pada tahun 2017 ini ujian dilaksanakan pada tanggal 15, 16, 17 Desember 2017 di HONBU DOJO, Pusat Perguruan Kota Batu  Malang Jawa Timur.
Cabang cabang yang mengikuti ujian kali ini : Surabaya, Banyuwangi, Balikpapan, Semarang, Purwokerto, Malang, Mojokerto dan Pekanbaru Riau, dengan total jumlah peserta 24 orang.  Meliputi tingkatan KYU 1 ke DAN I sebanyak 14 orang, DAN I ke DAN II 7 orang,  DAN II ke DAN III 3 orang. Ada 1 orang peserta KYU 1 berhalangan datang, sehingga total jadi  23  peserta.
 
Sebelum ujian dilaksanakan, peserta melakukan registrasi ulang tanggal 15 Desember 2017  pukul 12.00 -16.00 dan pada pkl 18.00 mulai dilaksanakan ujian. Ujian dibuka oleh Pinpinan Pusat Perguruan Kaicho Liliana Herawati, selanjutnya dimulai ujian teori selama  1 jam yang dilanjutkan dengan calestenic & kihon /basic sebanyak 3 kali dengan hitungan normal 30 secara komplit.
 
Hari kedua  16 Desember 2017, pukul 07.30 diawali Ziarah ke makam founding father  Hanshi   Nardi T Nirwanto S.A & 8 Karateka(Pahlawan Cinta Kasih). 
Jam 09.00 ujian dimulai kembali dengan kihon/basic sekali dilanjutkan gerakan jalan kombinasi (idogeiko) dan berlanjut ujian KATA sampai pukul 12.00. Istirahat  makan siang hingga pukul 13.00, dilanjutkan ujian KATA, Sambon Kumite,  Ipon Kumite dan ditutup dengan ujian Fisik yg sangat menguras stamina. Namun para peserta tetap bersemangat dan mengikuti semua sampai selesai.
Ujian hari ketiga (terakhir) merupakan puncak dari rangkaian ujian Sabuk Hitam dengan materi yang sufah tidak asing lagi ditelinga peserta yaitu Kihon/Basic 7 X dan sungguh luar biasa peserta menyelesaikan dengan penuh semangat dan ditutup dengan istirahat makan siang  jam 12.00-1300.
Jam 13.00 ujian dilanjutkan  dengan Jiyu Kumite yang merupakan puncak acara Ujian, masing2 peserta melakukan kumite 6- 10 kali.
Seluruh  peserta ujian mampu melewati materi yang diberikan oleh team penguji. Kesan yg didapat dari peserta ujian kali ini sungguh luar biasa melelahkan dan banyak memar karena Jiyu Kumite yg tidak terlupakan. Apabila ada yang tidak lulus, mereka bersedia  mengulang di tahun berikutnya.
Ujian ditutup dengan foto bersama dengan Team Penguji dan Kaicho  dan berjabat tangan  penuh keakraban untuk kemudian kembali ke daerah masing2.
 

 

Tiada suatu hasil bisa dicapai tanpa ketekunan dan pengorbanan,
Tiada keteekunan dan pengorbanan bisa diberikan  terus menerus tanpa keyakinan,
Tiada keyakinan bisa bertahan tanpa menyadari untuk apa semuanya ini.
             ” Nardi T Nirwanto S.A.”

 

–oleh : Rudy Hartono–

3 thoughts on “YUDANSHA GRADING 2017

  1. Kevin Julianto Singgih
    DAN 1
    Dojo Pondok Tjandra Indah

    Oss,
    Ujian sabuk hitam tahun 2017 ini sangat berat dan sangat bermakna bagi saya. Basic 7x sangat melelahkan namun disitulah mental diuji, dimana penguasaan diri menjadi salah satu faktor untuk tetap bertahan agar bisa menyelesaikannya.

    1. Kevin Julianto Singgih
      DAN 1
      Dojo Pondok Tjandra Indah

      Oss,
      Ujian sabuk hitam tahun 2017 ini sangat berat dan sangat bermakna bagi saya. Basic 7x sangat melelahkan namun disitulah mental diuji, dimana penguasaan diri menjadi salah satu faktor untuk tetap bertahan agar bisa menyelesaikannya.
      Teguh Tegak Tegar.
      Oss.

  2. Ujian Dan kali ini saya ikuti bersama 6 warga dari Dojo Pondok Tjandra. Untuk ujian ini ada beberapa persiapan latihan. Selain belajar kata advance juga ada latihan basic 7x. Saat ujian selama 3 hari, benar benar menguras pikiran, phisik, mental. Syukurlah teman sedojo, Shihan Tjandra dan Sensei Lukman selalu mendukung. Sehingga motivasi dan semangat selalu menyala nyala. Akhirnya setiap sesi dapat kami ikuti dengan baik. Terima kasih semua pihak yang telah membantu ujian Dan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *