national-news

REFRESHING PEMBINA – HUT PERGURUAN ke 45 PEMBAGIAN SABUK HITAM 2012

Pada hari Jumat-Minggu, 11-13 Mei 2012 kemarin telah dilakukan serangkaian acara rutin Perguruan, yaitu; Refreshing Pembina 2012, HUT Perguruan ke 45 dan Pembagian Sabuk Hitam hasil ujian Desember 2011 yang lalu.

Sebanyak 73 peserta yang terdiri dari Kepala Bidang Pembinaan, Pembina dan Calon Pembina dari seluruh Indonesia diterima di Hotel sejak hari Jumat, 11 Mei 2012 pukul 12.00 WIB

Setelah beristirahat dengan cukup, latihan Refreshing dimulai pukul 18.00 WIB bertempat di GOR Ganesha Batu, dan dibuka oleh Ketua Umum Perguruan Sensei Bambang Irwanto. Latihan Refreshing Pembina 2012 merupakan Latihan Refreshing Pembina kedua yang diadakan setelah wafatnya Shihan Nardi T. Nirwanto, dan diadakan dengan konsep yang lebih rileks dibanding Refreshing Pembina 2011 yang lebih padat akan materi penyeragaman. Refreshing Pembina kali ini bersifat pembenahan gerakan-gerakan yang dilakukan berpasangan maupun kelompok. Latihan Calisthenics dan Basic hari pertama ini dipimpin oleh Ketua Dewan Guru, Sensei Yunus Hariyanto, dan masing-masing peserta dibuat berpasangan untuk saling bercermin akan gerakan-gerakan basic yang dilakukan, hitungan dilakukan dengan hitungan standart dan tambahan hitungan yang dilakukan perlahan-lahan untuk lebih memperbaiki/ memperhatikan gerakan yang dilakukan.

Basic adalah gerakan dasar yang harus dikuasai dengan baik dan benar, agar dapat melakukan KATA dan Jiyu Kumite dengan baik dan benar pula. Semangat dan teriakan saat melakukan gerakan tidak boleh mengganggu bentuk basic yang dilakukan sehingga menimbulkan goyangan anggota badan yang berlebihan dan distorsi. Bentuk pukulan dan tendangan, arah serangan dan tangkisan, sikap berdiri, harus dilakukan dengan rapi, baik, benar, dan tepat guna. Perbaikan-perbaikan bentuk harus selalu dilakukan dengan kesadaran diri pribadi agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Acara hari kedua dimulai dengan ziarah ke Makam Shihan Nardi T. Nirwanto, SA dan 8 karateka Pahlawan Cinta Kasih pada pukul 07.00 WIB. Pada kesempatan ini Pimpinan Pusat Perguruan, Sensei Liliana Herawati berkenan memberikan kesan dan pesan singkat kepada seluruh peserta, dan diakhiri dengan tabur bunga bersama-sama. Seluruh peserta kembali ke Hotel untuk makan pagi sambil mempersiapkan latihan Refreshing berikutnya. Pada kesempatan ini telah dibagikan pula Buletin Oshi Shinobu edisi khusus Refreshing 2012 dan HUT Perguruan ke 45 kepada Kepala Bidang Pembinaan atau Pimpinan Daerah, untuk dibagikan kepada Daerah/ Cabang/ Warga masing-masing.

Pada pukul 10.00 WIB, latihan Refreshing hari kedua dimulai dengan Calisthenics dan Basic lengkap dengan posisi sama seperti latihan hari sebelumnya. Setelah istirahat makan siang di tempat, latihan dimulai dengan persiapan performance KATA dari seluruh peserta yang terbagi menjadi 7 kelompok. Masing-masing kelompok wajib mengirimkan 2 orang wakil untuk melakukan lomba KATA dari KATA advance pilihan yang diberikan. Pembagian kelompok ini diharapkan agar masing-masing peserta dapat saling mengenal satu sama lain dari berbagai Daerah dan tingkatan, saling membenahi dan belajar bersama dengan kelebihan dan kelemahan masing-masing. Terbukti lebih efektif menghasilkan bentuk-bentuk yang jauh lebih baik pada saat tampil untuk perlombaan. Lomba KATA berlangsung meriah dan penuh keakraban dan disemangati oleh dukungan dari masing-masing kelompok.

Latihan hari kedua selesai pada pukul 17.00 WIB dan masing-masing peserta kembali ke Hotel untuk beristirahat.

Hari ketiga sekaligus hari terakhir Latihan Refreshing Pembina dimulai pada pukul 10.00 WIB. Latihan dipimpin oleh Sensei Sugiarto Wiyono, dan dilanjutkan dengan latihan KATA oleh Sensei Yunus Hariyanto dan Sensei Markam Maksum sampai selesai latihan pukul 13.00 WIB. Setelah foto bersama, seluruh peserta kembali ke Hotel untuk makan siang dan mempersiapkan diri untuk acara HUT Perguruan.

HUT Perguruan diadakan di GOR Ganesa dihadiri oleh seluruh peserta Refreshing Pembina dan Warga Perguruan yang berpartisipasi. Perguruan yang didirikan oleh Shihan Nardi T. Nirwanto, SA pada tanggal 7 Mei 1967, tahun ini genap berusia 45 tahun. Selain dihadiri oleh Pimpinan Pusat, Sensei Liliana Herawati, beberapa Pengurus Pusat Perguruan tampak hadir untuk ikut meramaikan HUT Perguruan ini, antara lain; Ketua Umum Perguruan, Sensei Bambang Irwanto, dan Sekretaris Jendral Perguruan, Sensei Ir. Achmad Yulianto.

Acara HUT Perguruan dimulai pada pukul 15.00 WIB di GOR Ganesha, dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Go No Sen dan Janji Karateka yang diikuti oleh seluruh peserta. Acara dilanjutkan dengan kata sambutan, pemberian plakat kenang-kenangan, dan pemutaran klip sejarah Perguruan. Klip sejarah Perguruan merupakan kreasi dari Sensei Yunus Hariyanto, yang berisi tentang sejarah singkat sejak Perguruan berdiri sampai dengan wafatnya Shihan Nardi T. Nirwanto, SA. Klip terdiri dari gabungan foto-foto dan video dokumentasi semasa Shihan Nardi masih hidup sampai dengan wafatnya.

Pembagian Sabuk Hitam merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh peserta Ujian Sabuk Hitam yang lalu. Surat keputusan dan sabuk, dibaca dan diserahkan oleh Ketua Dewan Guru, Sensei Yunus hariyanto kepada peserta yang berhasil naik ketingkatan yang lebih tinggi. Dari total 35 peserta, terdiri dari; 7 orang Peserta ujian DAN II ke DAN III (1 orang dinyatakan tidak naik), 10 orang Peserta ujian DAN I ke DAN II, dan 18 orang Peserta Ujian Kyu 1 ke DAN I (4 orang dinyatakan tidak naik). Untuk kali ini diberikan pula penghargaan untuk lulusan dengan nilai tertinggi untuk masing-masing tingkatan, yaitu ; Sensei Siono Anggono (DKI) DAN III, Sempai Zulmi Zakri (Banten) DAN II, dan Sempai Purwanto Chandra (DKI) DAN I. Selain itu diberikan Sabuk Hitam penghargaan DAN I, atas nama Sempai Hardi Hartoko (Banten).

Sempai Hardi Hartoko telah terbukti memberikan loyalitas dan dedikasi kepada Perguruan maupun kepada pribadi Shihan Nardi, baik sebelum maupun sesudah Shihan Nardi meninggal. Sabuk penghargaan ini sebenarnya sudah hendak diberikan oleh Shihan Nardi sendiri semenjak beliau hidup. Jabatan terakhir yang dipegang oleh Sempai Hardi Hartoko adalah sebagai Pimpinan Daerah Banten, yang pada awal tahun 2012 ini diserahkan kepada Sensei Sugiarto Wiyono.

Acara dilanjutkan dengan demonstrasi karate dari Cabang-Cabang yang mengikuti acara Refreshing Pembina ditambah dengan demonstrasi KATA dari pemenang lomba KATA sehari sebelumnya. Selanjutnya acara tiup lilin untuk memperingati HUT Perguruan ke 45 dan sekaligus berdekatan dengan HUT Pimpinan Pusat, Sensei Liliana Herawati pada tanggal 9 Mei 2012. Makan bersama, ramah tamah diiringi dengan hiburan musik dan lagu. Tidak ketinggalan sumbangan penampilan dari Perguruan, Sensei Troy H Sabini dari DKI. Acara ditutup dengan penarikan door price yang berlangsung dengan meriah pula.

Suatu rangkaian acara 3 hari 2 malam yang padat, namun kita pasti merindukannya lagi untuk bisa berkumpul bersama-sama, berlatih dan bercanda dengan Saudara-saudara Perguruan se Tanah Air. Sampai jumpa diacara mendatang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *