national-news

KEJUARAAN NASIONAL KARATE FULL BODY CONTACT “PIALA BERGILIR PANGKOSTRAD I” 26 JANUARI 2014

Kejuaraan Nasional Karate Full Body Contact 2014 merupakan kejuaraan nasional yang pertama kali diadakan oleh FORKI dengan menggunakan system full body contact dan memperebutkan “Piala Bergilir PANGKOSTRAD I”. Kejuaraan ini diselenggarakan di Lenmarc Mall lt. 2 Surabaya hari Minggu pada tanggal 26 Januari 2014. Kejuaraan ini diikuti oleh 3 (tiga) perguruan anggota FORKI yang hingga saat ini masih mempertahankan aliran full body contact, yaitu: Pembinaan Mental Karate Kyokushinkai Karate-do Indonesia, Karate Kala Hitam, dan Goju Ryu Association.


Kejuaraan dibuka pada pukul 09.00 oleh Pangkostrad, Bapak Letjen TNI Gatot Nurmantyo dengan upacara pembukaan, dihadiri oleh Pangdam V/Brawijaya Bapak Mayjen TNI Ediwan Prabowo, Ketua Umum PB. FORKI Bapak Mayjend TNI (Purn) Drs. H. Hendardji Supandji, SH., Ketua Pengprov FORKI Jatim Bapak Drs. P. Totok Lusida, Apt., wakil dari masing-masing perguruan, antara lain: Pimpinan Pusat Pembinaan Mental Karate Kyokushinkai Karatedo Indonesia Sensei Liliana Herawati, Pjs Ketua Umum Pembinaan Mental Karate Kyokushinkai Karatedo Indonesia sekaligus bertindak sebagai arbiter pertandingan Sensei Yunus Hariyanto, Ketua Dewan Pusat Pembinaan Mental Karate Kyokushinkai Karatedo Indonesia Sensei DR. KPHA. Tjandra Sridjaja Pradjonggo, SH., MH., Ketua Umum Karate Kala Hitam Bapak H. A. Ronny Simon, Ketua Sabuk Hitam Karate Kala Hitam Bapak Efendi Mercu, Ketua Umum Goju Ryu Association Jatim Bapak Tony Suhartono, Ketua Dewan Guru Goju Ryu Association Jatim Bapak Andi Purwajaya, dan Ketua-Ketua Umum Perguruan aliran Shotokan anggota FORKI.


Pangkostrad didalam sambutannya menyatakan sangat mendukung penyelenggaraan Kejurnas, yang dinilai bisa melahirkan pemuda yang punya jiwa patriotisme tinggi. “Saya mendukung, karena olahraga bela diri apapun untuk membela bangsa. Even ini bisa melahirkan patriot-patriot baru yang dapat membela bangsa dan negara,” kata Gatot Nurmantyo.

Ketua Umum PB Forki, Hendardji Supandji juga memastikan Kejurnas karate full body contact Piala Pangkostrad akan digelar secara rutin tiap tahun. “Soal tempat penyelenggaraan tahun depan, nanti dibahas di Kongres Forki bulan Pebruari,” ucapnya.

Total peserta pada kejuaraan ini 75 orang dari 3 perguruan tersebut diatas meliputi 10 Provinsi. Masing-masing Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, Jawa Tengah, DI Aceh, Jawa Barat, Papua, Kalimantan Timur, DI Yogjakarta, Kepulauan Riau dan tuan rumah Jawa Timur.


Para peserta dibagi menjadi 6 Kelas Pertandingan, yaitu Kelas Dewasa Putra 71 kg keatas, Kelas Dewasa Putra 61-70 kg, Kelas Dewasa Putra 60 kg kebawah, Kelas Dewasa Putri 65 kg kebawah, Kelas Remaja Putra dengan usai maksimal 17 tahun dan berat badan maksimal 60 kg, dan Kelas Yunior Putra dengan usia maksimal 13 tahun dan berat badan maksimal 50 kg. Diharapkan pada kejuaraan yang akan datang, kelas-kelas yang dipertandingkan dapat berkembang lebih banyak lagi dan dengan jumlah yang lebih banyak pula.

Kejuaraan ini berlangsung dengan baik dan lancar dengan animo penonton yang sangat tinggi, hal ini terlihat dari penuhnya penonton yang menyaksikan baik disekitaran arena pertandingan maupun yang menyaksikan dari atas arena pertandingan. Suasana selama kejuaraan berlangsung sangat kondusif, dimana pada awal penyelenggaraan dikhawatirkan akan terjadi keributan antar perguruan tetapi ternyata hal tersebut tidak sampai terjadi, justru dengan adanya kejuaraan ini dapat tercipta suasana kekeluargaan dan keakraban diantara perguruan.

Kejuaraan ditutup pukul 16.00 oleh Pangdam V/Brawijaya, Bapak Mayjen TNI Ediwan Prabowo, didahului dengan upacara penutupan, setelah itu dilakukan penyerahan piala dan piagam bagi para juara.
(Panitia Kejurnas FULL BODY CONTACT FORKI 2014)

DAFTAR JUARA
A. Kelas Dewasa Putra 71 kg keatas

JUARA I: SANDY SUDIBYO – PMK KYOKUSHINKAI – JATIM
JUARA II: FREDY SUTANTO – PMK KYOKUSHINKAI – JATIM
JUARA III: FADJAR HARJO SEPUTRO – PMK KYOKUSHINKAI – JATIM

B. Kelas Dewasa Putra 61-70 kg
JUARA I: SUGENG SANTOSO – PMK KYOKUSHINKAI – JATIM
JUARA II: SINDU WIBOWO – PMK KYOKUSHINKAI – JATENG
JUARA III: M. LIEM KHOLIDI BONO – KALA HITAM – DIY

C. Kelas Dewasa Putra 60 kg kebawah
JUARA I: TAN L. ALI SOETRISNO – PMK KYOKUSHINKAI – JATENG
JUARA II: FILIFUS SAMMIHO TAKESI – PMK KYOKUSHINKAI – KALTIM
JUARA III: SINDU PANJI WICAKSONO -PMK KYOKUSHINKAI – JATENG

D. Kelas Dewasa Putri 65 kg kebawah
JUARA I: MELISSA NADIA NATASHA – PMK KYOKUSHINKAI – DKI
JUARA II: PRICILIA YODA LIMANSYAH – PMK KYOKUSHINKAI – KALSEL
JUARA III: IRENE PUTRI LARATSEMI – PMK KYOKUSHINKAI – JABAR


E. Kelas Remaja Putra, usia max. 17 tahun, berat badan max. 60 kg
JUARA I: GARY PRAYOGO – PMK KYOKUSHINKAI – JATIM
JUARA II: ILHAM C. PAMBUDI – PMK KYOKUSHINKAI – PAPUA
JUARA III: DICKY CHANDRA ADY KARTIKO – PMK KYOKUSHINKAI – JATIM


F. Kelas Yunior Putra, usia max. 13 tahun, berat badan max. 50 kg
JUARA I: JASON TANUJAYA – PMK KYOKUSHINKAI – JATIM
JUARA II: KEVIN HARTONO – PMK KYOKUSHINKAI – JATIM
JUARA III: BAGUS INDONESIA PUTRA – PMK KYOKUSHINKAI – JATIM


JUARA BEST OF THE BEST: SANDY SUDIBYO

 

GALLERY

Clip Pertandingannya dapat disaksikan di You Tube : 

https://www.youtube.com/watch?v=suNcSvIWhRQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *